Oleh: Puteh | 20 Mei 2009

Neo Liberal “Pu Atra?”

Sumber : http://www.unik77.tk,http://triatmono.wordpress.com/2009/05/18/gegeran-neoliberal-opooo-taaagh-kuwiii/


Well,… rame dibicarakan tentang… Neo Liberal… !!! Bahkan gara-gara beginian… muncul demaaa-demooo dimana-mana… !!! Neo Liberal itu seeh… suatu paham ekonomi dimana menolak campur tangan pemerintah dalam kegiatan perekonomian … !!! Doktrin neo-liberal… sebenernya merupakan sempalan dari liberal… !!! Pendapat kaum liberal… (terinspirasi oleh laissez-faire, bahasa perancis red.),… berpendapat bahwa private enterprise economy akan mencapai tingkat efisiensi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi akan tercapai lebih besar dibandingkan dengan centrally planned economy …!!! :D



Oleh sebab itu… kaum ini menolak secara tegas… campur tangan pemerintah… !!! Dulu banget… paham liberal ini… memang jadi pegangan … zamannya Adam Smith, John Locke, David Hume… dan konco-konconya.. !!! Namun sejak terjadinya Depressi yang besar di Amrik… ternyata konsep liberal ini… ndaak jalan… !!! Akhirnya theory yang dikeluarkan oleh John Maynard Keynes… yang bisa mengatasi kegagalan dari paham liberal ini… !!! Intinya adalah pemerintah harus turun tangan… melalui government expenditure dan fiscal policy… !!!



Mirip dengan paham liberal,… prinsip yang ada pada paham neoliberal yaitu free market dan free trade … !!! Sami mawooon… menurut gue konsep ini juga gagal… !!! Liat aza… di Amrik.. terjadi krisis finansial… siapa yang mem bail out… ??? Yaagh pemerintah Amrik… yang nalangin… dan mirip seperti BLBI jaman krisis dulu… !!! Jadi nggak mungkin… jika pemerintah ndak boleh ikut campur.. dalam kegiatan perekonomian… !!!



Neoliberal sangat menentang… kebijakan pemerintah tentang upah murah… !!! Maunya paham ini… mengenai upah buruh… serahkan saza pada para pengusaha dan buruh… !!! Apa paham ini diterapkan di Indonesia… ??? Lha sampai sekarang… masih ada tuh yang namanya Upah Minimum Regional (UMR) … !!! Kaum Neoliberal ndak setuju… pemerintah punya perusahaan… !!! Menurut mereka… semua perusahaan ini kudu diprivatisasi… !!! Silahkan liat sekarang… apakah semuanya… diprivatisasi… ??? Buktinya PLN, PAM, dan masih banyak perusahaan negara lain… masih bercokol di Indonesia …!!!




Interest rate… menurut mereka dipasrahi saza ke market… !!! Monggo dilihat.. apakah BI Rate itu… bukan campur tangan pihak pemerintah… dalam mempengaruhi interest rate di pasar… ??? So.. masih banyak.. jika dilihat satu persatu… konsep neoliberal dan mbahnya… liberal… terbukti gagal… !!! Naagh jika memang di dunia ini liberal dan neoliberal ini gagal… termasuk mbahnya Amrik… ada intervensi pemerintah… !!! Demikian pula di Indonesia… banyak badan diluar private sector yang membuat kebijakan plus pengawasan… !!! Ada KPPU… dibawah pak Faisal Basri… dan badan-badan lainnya… !!!

Last,… moge-moge sudah jelas tentang gegeran paham Neoliberal … !!! Gue sangat prihatin… ngeliat mahasiswa… yang berdemo segala macem… mbook yaooo di lihat dulu… jangan grasaa-grusssu… langsung demo… !!! So .. i have told you… that the decision takes only 5 seconds… namun implikasinya bisa sangat luas … betul… ??? :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: