Oleh: Puteh | 5 April 2009

AWAS KERACUNAN IKAN!

Hari ini aku masuk ICU, gejala pertama mata ku berkunang-kunang, pada awalnya kukira pengarush asap rokok, karena ruang kerjaku selalu dipenuhi asap rokok mesti ruangannya full AC. Walaupun banyak asap rokok dan aku tidak merokok, aku sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, tapi kali ini tidak seperti biasanya, gejalanya semakin bertambah, kepalaku jadi terasa berat terutama di bagian belakang kepala.
Untuk jalan keluar yang pertama, aku coba pesan jus jeruk, mungkin kecapean dan perlu minuman segar. Setelah minum setengah gelas, keadaan masih tidak bersahabat, mungkin perlu waktu, aku coba berbaring sebentar, ternyata baring malah tambah masalah, denyut kepala makin berat, aku jadi terasa mual, rasanya pengen muntah dan aku muntah beneran, setelah beberapa saat aku coba baring lagi, lalu aku kepikiran ide lain lagi, “susu soda” ya, ide ‘coba-coba’. Aku pesan lagi susu soda, kali ini tidak kubiarkan tersisa gelasku, kuminum sampai habis sekali teguk. Baru saja aku kuletakkan gelas dimeja, perutku langsung mual l;agi, sangat mual, buruan aku ke toilet, dan susu sodanya pun tumpah semua dari perutku, aku muntah, kali ini sampe tiga kali.
Aku mulai curiga, aku berpikir serius, ini bukan main-main, aku rasa aku keracunan, masalahnya beberapa saat yang lalu aku baru habis makan siang, aku makan ikan tongkol dan tidak ada aktivitasku yang lain yang patut dicurigai. Aku langsung minta diantar ke rumah sakit, sampai di rumah sakit, petugas langsung minta aku dirawat, keadaanku tanpak sangat lemas, tapi aku masih bisa jalan sendiri saat masuk ICU sambil memegang kepalaku.
Analisa aku tidak meleset, kata dokter, aku keracunan, dan untungnya aku sudah sempat muntah berulang kali sebelum 4 jam, kalau tidak….. aku tidak tau, dokter cuma bilang seperti itu, (untung muntah sebelum 4 jam), selanjutnya aku dipasangi infus dan dirawat.

———-

Salah satu jenis ikan yang sering menyebabkan keracunan adalah ikan tongkol, terutama yang tidak disimpan dengan baik.

Keracunan dapat timbul setelah beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan ikan tongkol. Gejalanya antara lain adalah rasa gatal atau terbakar di sekitar mulut, bibir bengkak, wajah kemerahan, berkeringat, mual, muntah, sakit kepala, jantung berdebar, pusing, atau bentol-bentol merah di badan. Gejala ini

Baca Selengkapnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: